pengertian seni tari

Pengertian seni tari
Seni tari ialah gerakan badan yang berirama dan teratur yang dilakukan ditempat, waktu dan untuk keperluan tertentu. Keperluan tersebut antara lain untuk keperluan pergaulan, mengungkap  perasaan dan pikiran. Seni tari pun biasanya diiringi dengan bunyi-bunyian yang berfungsi untuk mengatur gerakan penarinya dan menguatkan maksud yang ingin disampaikan dari tarian itu.
Gerakan pada seni tari tak sama dan bukan seperti gerakan-gerakan sehari-hari, seperti senam, lari ataupun berjalan. Gerakan pada seni tari dibuat sedemikian rupa agar bentuknya lebih ekspresif dan menambah unsur estetis dari gerakan tari tersebut.
Tarian sesungguhnya ialah tarian yang mengkombinasikan dari 3 unsur seni tari, yakni wiraga, wirama dan wirasa. Keetiga unsur ini melebur menjadi bentuk dan gerakan tari yang serasi.
Unsur paling utama dalam seni tari ialah gerak. Gerakan pada seni tari senantiasa melibatkan anggota badan manusia. Unsur anggota badan manusia membuat gerak tari berdiri sendiri, berhimpuna maupun bersambungan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Busana tari legong

Seni musik tifa

Gambang kromong